Morita Sensei Farewell

Yesterday was the last keiko for Morita Sensei at our Jakarta dojo. He will be back for good to Japan.

Sensei Morita, Dan 5, orang Jepang yang murah senyum.  Banyak berjasa bagi dojo Jakarta. Rutin jadi komandan pemanasan dasar sebelum keiko. Sering mengajar Kendo untuk anak-anak kecil Jepang di dojo. 

Beberapa senpai sangat akrab dengannya, suka beraktivitas bareng di luar dojo (yang gak jauh-jauh dari olahraga fisik)! Seperti kawan sepermainan saja. Guru rasa teman, tapi versi Jepang. Mereka pasti sangat kehilangan sensei seperti ini.

Saya sendiri pertama familiar dengan kehadiran sensei Morita adalah saat sedang ribet mencoba suburi yang baik dan benar. Tiba-tiba tanpa banyak cakap, beliau nyontohin di depan mata. Membandingkan pose kami, baru sadar betapa selama ini suburi saya kayak orang mau gebukin maling!😩

Morita is also the first sensei who introduce me to the world of Kendo Kata. Saat saya lagi nggak boleh ikut keiko kendo, jadi, ya sudahlah, belajar Kata saja. Sensei ternyata bersedia ngajarin. Mengajar dengan sangat detail dan sabar, terutama ngadepin saya yang gerakannya suka error kanan kiri! πŸ˜–Pantesan cocok memegang kelas anak.

Kemarin adalah terakhir kalinya diajari Kendo Kata oleh sensei. Dia berpesan untuk berlatih terus. Karena Kata adalah esensi dari Kendo.


Dan khusus hari itu, usai keiko, saya kembali jadi fotografer for a good cause. Memfoto tradisi tachikiri, dimana seorang sensei yang akan pergi harus melawan sekian banyak murid plus rekan sesama sensei. 

Seru. 

Saya geleng-geleng kepala, sensei Morita nggak keliatan capek ngelawan sekian puluh orang! Mau berguru lagi soal yang ini, tapi udah gak bisa… 

Dalam hidup ada orang- orang yang tetap bersama kita dalam perjalanan, tapi ada juga yang berlalu, setelah memberikan banyak pelajaran. Mungkin pertemuan dengan sensei merupakan suatu bentuk pelajaran, versi nyata dari kata-kata Shunryu Suzuki ;

“Wherever you go, you’ll find your teacher, as long as you have the eyes to see and the ears to hear”


Credit foto ke-16 : @ri.nin.ta


2 comments:

Powered by Blogger.