Shinpan Seminar Jakarta Kenyukai 2023


Shinpan seminar Jakarta Kenkyukai yang diselenggarakan oleh Indonesia Kendo ini berlangsung tanggal 7 Mei 2023. Diikuti oleh banyak peserta dari dojo kendo se-Jawa yaitu dari Jakarta Kendo, Kendo Bandung, Kendo Malang, dan Kendo Surabaya.  Dengan pengajar : Minami sensei, Fujikawa sensei, Yoshida sensei, dan Morita sensei. Penerjemah dalam seminar ini adalah Jessica Laura Djaja.


Sehari sebelumnya, saya sempat bertanya harus bawa apa saat hadir di seminar ini, katanya cukup membawa bogu karena mostly 80% praktek. Ya sudah, bila demikian, akhirnya ya bawa perlengkapan biasa seperti kalau mau latihan. 

Saya ngebayanginnya, wah pasti sudah siap-siap duduk diam nonton. Atau pakai bogu. Mirip-mirip gambar fitur diataslah. 

Ketika melihat pemandangan di depan mata pagi itu..ternyata...

SENSEI-SENSEI PADA PAKAI JAS DAN DASI DONG.πŸ˜†

Dan ada mejanya. 

Berkeping-keping sudah bayangan awal.

Para sensei duduk dengan rapi di belakang meja bersama penerjemah, sementara peserta duduk di hadapan mereka di bangku-bangku  yang sudah disusun rapi. Kebanyakan peserta mengenakan hakama. Selanjutnya peserta dibagikan foto kopian tentang materi seminar.

Sepanjang acara, saya merasa isi materinya cukup bagus dan padat. Ada istilah-istilah asing yang saya belum paham awalnya. Para sensei berkata,  wasit di Jepang itu selalu pakai jas dan jasi rapi. Lalu mereka memperagakan cara memegang bendera, melipat, mengacungkan. “Harus PD” kata sensei Minami yang sejak awal jadi pembicara utama.

Setelah materi habis dibahas, peserta bubar dahulu dan membereskan bangku. Dilanjutkan dengan praktek. Dipanggil beberapa nama peserta Dan 3 keatas lalu dimulailah simulasi pertandingan.

  • Bagian pertama, simulasi dimulainya pertandingan, yaitu saat juri datang
  • Bagian kedua, 4 orang sensei yang memberi contoh bagaimana pergerakan juri mengelilingi pemain. Termasuk bila ada 2 lawan 1 juri dengan pendapat berbeda.
  • Bagian ketiga, 4 orang senpai yang dipanggil untuk maju dan menjadi juri sambil diberi arahan oleh sensei bila ada perbaikan.
  • Terakhir adalah simulasi selesainya pertandingan dan juri keluar dari arena.

Setelah seminar selesai dilanjutkan dengan godo-keiko dimulai pada pukul 11 tepat.

Materi acara menurut saya sangat baik, sehingga bisa dipahami bagi level Kendo manapun. Semoga semakin banyak acara-acara sejenis yang bisa mencerahkan.

Lesson learned : setiap seminar kendo apapun selalu bawalah alat tulis.

No comments

Powered by Blogger.