Jakarta Kendo Tournament 2024


Setelah minggu lalu Inakendo mengadakan Kendo Seminar, yang materinya antara lain bagaimana melakukan penjurian, kendo kata, serta basic kendo, hari Minggu ini ada Jakarta Kendo Tournament 2024 yang menampilkan pertandingan kelas pria, wanita, dan anak-anak-mulai dari Kyu hingga Dan 2. 

Jadi peserta seminar kemarin-senpais dan kohais-ceritanya langsung praktek, deh elmu yang kemarin didapat. Tentu saja para sensei juga membantu mengawasi.

Credit photo 20-27 : Andi Abo @ndibo3 

Pertandingan berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga 11.30. Dibandingkan yang saya ikuti terakhir, pertandingan kali ini waktunya sangat efisien. Tidak sampai lama sudah semifinal saja. Lanjut final untuk masing-masing kelas. 

Konsekuensi dari efisiensi waktu itu, rasanya jadi seperti maraton. Selesai tanding, eh harus maju lagi. Kalau udah gini baru kerasa deh gunanya kakarigeiko (insap). Tasuki di punggung diganti berulangkali. Karena perputaran yang cepat, beberapa peserta, saat usai tanding dan mau sonkyo (posisi jongkok untuk menghormat), sempat terpaku-“loading” dulu di tengah arena-eh, wait…saya ini sekarang putih atau merah ya?😡‍πŸ’«

Begitulah, banyak hal dan pengetahuan baru yang seringkali didapat bukan pada saat latihan, melainkan ketika praktek di lapangan. Duh, kok mirip rasa-rasa kehidupan ini,  ya? Tsahh..dahlah..😬


Pertandingan final kelas pria ; Ary vs Gelar

Salah satu kejutan,  juara satu pria ternyata dari tim Kyu! Keren banget yah! 🀩Tapi senpai-senpai semangat ‘45 nya juga super duper. Perpaduan spirit muda vs pengalaman panjang membuat pertandingan jadi seru.

Lanjut ke penyerahan medali, kemudian masih cukup waktu untuk godo keiko. Selesai sekitar pukul 12-an.

Congratulations and thank you. Semoga  selalu semangat Kendo.πŸ˜ƒ


14 comments:

  1. Saya baru tahu kalau ada turnamen Kendo begini. Di Makassar saya belum pernah dengar.

    Tapi lihat videonya, saya langsung ingat film masa kecil dulu Queen Seondeok. Caranya mirip para hwarang di film itu. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru ada di Jawa dan Sumatra. Auto googling hwarang.... masa miripnya dimana yah wkwk

      Delete
  2. harus hati-hati nih yang jadi suaminya... centong bisa jadi senjata mematikan :)

    ReplyDelete
  3. wah saya salut... tetap semangat mbak

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu kalau ternyata sudah ada dojo kendo di indonesia. Tentu sjaa senang karena banyak beladiri dari luar sudah masuk ke indonesia. Apakah ada dojo kendo di semarang?

    Kalau lihat pedang kayu kendo jadi ingat karakter anime kaoru kamiya di samurai x. Dia selalu bawa pedang kayu..hihihi

    Salam kenal!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di semarang belum ada. Oh ya mungkin Kaoru bawa bokken (pedang kayu) ya..

      Delete
  5. Waah unik nih, kayaknya saya baru lihat ada blogger yang ngambil tema Kendo secara spesifik. Semoga bisa konsisten terus ngomongin masalah Kendo ya mbak, salam kenal 😁

    ReplyDelete
  6. Wah keren nih Mbak sudah ada turnamen kendo. Seru juga kalau di Sukabumi ada, saya bisa menontonnya. Anggap saja nonton film bertema samurai.

    Btw, Mbak ikutan juga? Jadi juara kah?

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nonton film bertema samurai ya mas. Ya ikutan. Hehe. Juara gak ya?

      Delete
  7. Sumatra nya dimana mbk? aku juga Sumatra tepatnya Bandar Lampung,tapi gak tau kalau ada ini.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.